8 Makanan Sumber Zinc (Seng) Terbaik

Banyak orang tidak menyadari bahwa zinc atau seng sangat diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bermanfaat juga untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Dalam berbagai penelitian ditemukan bahwa manfaat seng tidak hanya itu. Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, seng bisa membantu mengurangi keparahan sakit flu dan durasinya, bisa meningkatkan fungsi tiroid, membantu membekukan darah dengan lebih efektif, dan dapat membantu menurunkan efek degenerasi makula.

makanan sumber zinc
Makanan Sumber Zinc Terbaik

Sebuah studi yang dilakukan pada Juni 2015 yang dicatat di dalam Journal of Biological Chemistry dikatakan bahwa zinc juga memainkan peranan penting dalam mengatur detak jantung. Sehingga, seseorang yang mendapat asupan zinc dalam jumlah yang cukup setiap hari dari berbagai makanan berpotensi lebih kecil terkena gagal jantung.

Diantara beberapa sumber makanan yang mengandung zinc diantaranya adalah:

  1. Tiram
    Tiram adalah sumber zinc yang sangat baik. Selain itu, tiram juga mengandung protein dalam jumlah yang tinggi, rendah kalori, serta banyak mengandung vitamin dan mineral seperti zat besi, selenium, dan vitamin C.
  2. Kepiting dan lobster
    Kedua makanan laut tersebut (kepiting dan lobster) merupakan sumber zinc terbaik. Selain kepiting dan lobster, ikan sarden dan ikan salmon juga bisa menjadi sumber seng.
  3. Daging merah dan daging unggas
    Daging merah (daging sapi) dan daging ayam merupakan sumber protein dan sumber seng. Untuk sumber terbaik, kamu bisa memilih daging merah tanpa lemak dan daging ayam tanpa kulitnya.
  4. Legum
    Legum yang terdiri atas lentil, buncis, edamame, dan kacang hitam adalah makanan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Legum direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari karena banyak mengandung vitamin dan protein. Namun yang terpenting, legum juga mengandung seng.
  5. Sayuran
    Jika selama ini kamu selalu menghindari sayuran, sudah waktunya kamu berpikir ulang karena manfaat sayuran begitu luar biasa untuk kesehatan. Berbagai jenis sayuran seperti bayam, jamur, brokoli hingga bawang putih banyak mengandung mineral dan vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Jamur misalnya, bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan seng harian kita.

Selain kacang-kacangan, biji-bijian juga bisa menjadi sumber seng. Di antara biji yang banyak mengandung seng adalah biji labu, kacang mete, kemiri, dan oatmeal.

  1. Sereal
    Pada pagi hari, masyarakat Indonesia masih jarang yang mengkonsumsi sereal sebagai menu sarapan. Padahal, sereal yang diperkaya dengan sejumlah vitamin dan mineral termasuk seng adalah makanan sehat yang sebaiknya mulai dibiasakan untuk dikonsumsi.
  2. Susu dan produk susu
    Susu dan berbagai produk susu seperti yogurt, atau makanan makanan yang terbuat dari susu termasuk juga es krim, kaya akan kalsium dan bisa menjadi sumber seng. Yogurt rendah lemak sebanyak 2,2 mg bisa memenuhi 15% kebutuhan seng harian kita.
  3. Coklat hitam
    Dark chocolate atau coklat hitam adalah makanan enak lainnya yang bisa menjadi sumber seng. Semakin pekat warna coklat maka akan semakin baik. 0,8 mg coklat hitam bisa memenuhi kebutuhan seng harian sebanyak 5%.